Oleh: Alphin | Mei 9, 2011

Kepribadian Muslim

Media Dakwah At Tashfiyyah

Bidang Dakwah Al Hanif

التصفية

…karena umat tidak akan pernah jaya tanpa tashfiyah dan tarbiyah

Dari redaksi:

Banyak  ulama  menulis kitab yang mengumpulkan hadits sebanyak 40 dalam satu kitab. Mereka mengumpulkan hadits-hadits  tersebut disesuaikan dengan tema. Diantara mereka ada yang mengumpulkan hadits-hadits  tentang Tauhid, hukum, tentang ibadah, dan lainnya.

Diantara para ulama tersebut adalah Al Imam Al Ajurri, Al Imam Abu Utsman Ash Shabuni, Al Imam Ibnu Asakir bahkan beliau ini memiliki kitab al Arbain Buldaniyyah yang sangat mengagumkan karena beliau menhimpun 40 hadits yang diriwayatkan 40 shahabat di 40 negeri dan 40 Syaikh. Demikian juga Al Imam Ibn hajar Al Atsqalani dan Al Imam An Nawawi memilki kitab Al Arbain, dan ulama-ulama lainnya. Dan Allah berkehendak kitab Al Arbain an Nawawi menjadi kitab 40 hadits yang paling masyhur dan banyak dibaca oleh kaum muslimin. Demikian pula syarah Arbain an Nawawi ditulis oleh beberapa ulama baik terdahulu maupun kontemporer.

Kebiasaan para ulama tersebut berlanjut sampai sekarang. Diantara ulama kontemporer yang mengumpulkan 40 hadits dalam sebuah kitab adalah Syaikh Ali. Syaikh Ali hafizhahullah mengumpulkan 40 hadits tentang pembentukan kepribadian muslim. Para pembaca dapat mengambil faidah dari hadits tersebut terutama yang berkaitan dengan istidlal (sisi pengambilan dalil) yang sering sekali tersembunyi bagi orang-orang awam dan juga takhrij hadits yang bermanfaat bagi para pencari ilmu. Yang tidak kalah pentingya adalah syarah ringkas dari Asy Syaikh. Semoga Allah lapangkan dada kita untuk menerima hadist-hadits nabi dan perkataan para pewaris Nabi. Semoga Allah membaguskan kepribadian kita semua. Amin…

Berikut ini adalah intisari kitab Al Arbaun Hadiitsan Fii Asy Syakhsiyyati al Islamiyyah karya Asy Syaikh Ali Al Halabi Al Atsari. Saya tidak akan menukil biografi beliau hafizhahullah karena sudah sedemikian masyhurnya beliau sebagai murid senior  Syaikhul Islam Al Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullah. Buku terjemahan dari kitab Al Arbaun ini akan dibedah hari Ahad tanggal 3 April 2011 oleh Ustadz Luthfi Bahfi di Masjid Imam Nawawi. Insya Allah…

Berkata Syaikh Ali bin Hasan bin Ali bin Abdil Hamid Al Halabi Al Atsary:

Buku ini berisi 40 Hadits Shahih (atau Hasan) dari sabda-sabda nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Saya mengumpulkannya sebagai peringatan untuk diri pribadi dan untuk saudara-saudara seiman.

Buku ini mengandung tarbiyah jiwa, pensucian hati, dan pembersihan akhlaq. Penaku ini tidak lain untuk menuliskan perkataan-perkataan sederhana guna menjelaskan hal-hal yang kurang dipahami dan menerangkan makna yang dimaksud, dengan tetap memperhatikan hubungan antara hadits-hadits tersebut dengan bab-babnya sambil memberikan komentar singkat tentang hadits-hadits tersebut. (Dan laptop hadiah seorang Ikhwah ini –bidznillah akan saya gunakan untuk menggali mutiara-mutira terpendam nasehat Ulama dan segala puji hanya milik Allah.  Saya berterima kasih kepada ikhwah yang telah menghadiahkan laptop ini sehingga selama kurang lebih setahun ini saya bisa menukil perkataan-perkataan ulama untuk disebarkan melalui internet. Barakallahu fihi wa fi malihi–red)

Bukan rahasia bagi manusia bahwa agama Islam yang mulia telah memberikan perhatian yang begitu besar di dalam banyak nash-nashnya, baik nash Al qur-an maupun As Sunnah untuk membangun kepribadian seorang muslim, serta mengarahkannya dengan arahan yang sangat mendasar yang lahir dari intisari ajaran-ajaran Islam, juga dari pokok hukum-hukum dan syariat-syariatnya.

Pendorong yang paling besar yang menyebabkan saya menyusun dan menulis buku ini adalah fenomena yang telah saya lihat dari kebanyakan orang yang menisbatkan dirinya ke dalam agama Islam dan berdakwah kepada Allah, tetapi bersamaan dengan itu mereka jauh dari kepribadian baik secara nyata dan penampilan. Semoga Allah memberikan keselamatan pada agama kita…selesai perkataan Syaikh Ali yang dikutip pada pembukaan kitab ini.

Kami mengajak, agar pribadi kita selalu diselimuti indahnya Tuntunan Ilahi. Agar dunia yang pekat dan perih ini terasa sejuk nan harum di setiap letih dan lelahnya langkah kaki.

Semoga Allah menutup nafas kita saat pribadi indah mempesona itu masih melekat di jiwa. Amin…

Maraji’:

Syarah Arbain An Nawawi, Darul Haq Jakarta, 2007

Beginilah Kepribadian Seorang Muslim, Syaikh Ali, Darul Ilmi, 2011

Abu Fathimah As Salafy

Silahkan download kajian Buku ini yang dibedah oleh ustadz Abu Ihsan di http://kajian.net/kajian-audio/Ceramah/Abu%20Ihsan%20Al-Atsary/Beginilah%20Kepribadian%20Seorang%20Muslim


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: